Koramil 04/ HB Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa/i SMKN I Harian - SINAR RAYA

Koramil 04/ HB Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa/i SMKN I Harian

sinarraya.co.id|Plt Danramil 04/HB Peltu M Sitinjak bersama para babinsa yang bertugas di koramil 04 /HB membrikan Ekstra kurikuler Wawasan Kebangsaan,Pancasila Dan UUD 1945 dan Bela Negara Kepada Para siwa/i di SMK N I Harian, Selasa 28/01/2020.

Plt Danramil 04 HB Peltu M sitinjak mengatakan bahwa kita semua sadar bahwa saat ini kita hidup di era globalisasi yang seolah-olah negara tanpa batas (boardless) dengan segala bentuk dinamikanya. Globalisasi selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif yang memerlukan penanganan dan antisipasi.
Untuk menghadapi berbagai ancaman dan tantangan globalisasi, diperlukan wawasan kebangsaan dalam memperkuat semangat Nasionalisme melalui pendidikan Bela Negara.

Beberapa bentuk pendidikan Bela Negara adalah melalui Resimen Mahasiswa, Pramuka, Pecinta Alam, dll untuk membiasakan diri belajar disiplin, kerjasama, dan tanggung jawab, serta memahami Wawasan Kebangsaan
Keberadaan suatu bangsa dalam bingkai Negara pada dasarnya dilandasi oleh 3 (tiga) hal mendasar yaitu: ”kesadaran”, ”semangat” dan ”tekad” yang kuat dalam memahami Wawasan Kebangsaan.”kata Plt Danramil.

Setiap warga negara harus mencintai tanah air sebagai ruang hidup dalam menjalankan kehidupannya yang selalu mendapat ancaman baik dari dalam maupun luar negeri antara lain, diwujudkan menjaga lingkungan hidup, mengenal wilayah tanah air, dan mencintai produk dalam negeri agar tumbuh rasa Nasionalisme.” Lanjudnya kemudian.

Bela negara bukan hanya perang mengangkat senjata tapi bagi pelajar belajar yang rajin menghormati guru itu juga merupakan bentuk bela Negara, dan sebagai generasi penerus bangsa marilah kita yang muda mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang lebih bermanfaat.

Pancasila. Ideologi kita warisan dan hasil perjuangan para pahlawan sungguh luar biasa,
pancasila bukan hanya sekedar teoritis dan normatif saja tapi juga diamalkan
dalam kehidupan sehari-hari. Kita tahu bahwa Pancasila adalah alat pemersatu
keberagaman yang ada di Indonesia yang memiliki beragam budaya, agama,
etnis, dan lain-lain. Nilai-nilai pancasila inilah yang dapat mematahkan setiap
ancaman, tantangan, dan hambatan.
Kemajemukan itu diikat dalam konsep
wawasan nusantara yang merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri
dan lingkungannya yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.”Pungkas Peltu M. Sitinjak Plt Danramil 04/Harianboho.

Bapak Gunung Tua Hasibuan Spd. MM. Kepala SMKN 1 menyambut baik dan berterima kasih kepada Koramil yang telah memberikan materi bela negara ini.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *