Malam Tahun Baru, Wakil Wali Kota Pastikan Kawasan Alun-alun Sepi Keramaian - SINAR RAYA

Malam Tahun Baru, Wakil Wali Kota Pastikan Kawasan Alun-alun Sepi Keramaian

 

Sinarrayanews.com || Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi memastikan dimalam pergantian tahun 2021, kawasan Alun-alun dan Kawasan taman Pancasila kota Tegal, sepi dari keramaian. Ia menyampaikan hal tersebut saat melakukan pengecekan kesiapan di kawasan taman Pancaslia bersama Kapolres Tegal Kota, AKBP. Rita Wulandari Wibowo dan Komandam Kodim 0712. Letkol. Inf Sutan Pandapotan Siregar, Kamis pagi (31/21).

“Sesuai arahan Wali Kota Tegal, terkait dengan pengamanan di malam tahun baru 2021, semua area di kawasan Alun-alun kota Tegal termasuk taman Pancasila , kita tutup semua, dengan water barier,” ujar Jumadi.

Jumadi menyampaian tempat-tempat publik tersebut, dimalam tahun baru 2021 ditutup, tidak ada lagi tempat untuk menikmati malam tahun baru.

“tempat-tempat publik ini, khusus dimalam tahun baru ini ditutup, tidak ada lagi tempat untuk menikmati malam tahun baru,” tandas Wakil Wali Kota Tegal.

Ia menghimbau kepada Warga kota Tegal dan sekitarnya dimalam tahun baru, untuk tetap tinggal dirumah, tidak berkerumun dan selalu menjada protkol kesehatan, karena di Kota Tegal tidak ada acara perayaan malam tahun baru, hal ini dilakukan menurutnya untuk menghindari pandemi covid-19 menyebar lebih luas.

Penutupan rencananya akan dilaksanakan sampai dengan tanggal (4/1) sesuai dengan operasi Lilin Candi dari Kepolisian, namun demikian Ia menuturkan tidak menutup kemungkinan sesuai perkembangan pihaknya akan melakukan evaluasi.

Kapolres Tegal Kota, AKBP. Rita Wulandari Wibowo terkait pelaksanaan pengamanan malam tahun baru 2021, pihaknya mengerahkan 400 personil, sore hari menjelang malam tahun baru Ia akan menggelar pasukan, namun Ia menyampaikan nanti hanya 150 personil yang akan mengikuti gelar pasukan, karena sisanya sudah mulai melakukan kegiatan untuk patroli skala besar.

Kapolres menjelaskan pihaknya akan melakukan show of force, untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa sesuai dengan Surat Edaran Wali Kota Tegal yang sudah diterbitkan dan sesuai dengan Maklumat Kapolri dan juga himbauan dari Kapolda Jawa Tengah maka pihaknya, jajaran Polres Tegal Kota meneruskan untuk melakukan upaya penutupan di beberapa titik kerumunan termasuk kawasan taman Pancasila dan Juga di Kawasan Alun-alun.

“Nanti semua titik lalu lintas akan kami tutup total agar tidak bisa dilalui arus lalu lintas,” ujar Kapolres.

Polres Tegal Kota sudah melakukan upaya sosialisasi dari beberapa waktu lalu, himbauan-himbauan kepada masyarakat, ditambah dengan adanya Surat Edaran Wali Kota Tegal untuk menutup semua aktivitas jalur-jalur tertentu. Ia menuturkan bahwa upaya ini dilakukan merupakan hasil dari rapat koordinasi yang dilakukan oleh jajaran Kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Nantinya masyarakat tidak bisa masuk di kawasan Alun-alun dan taman Pancasila, Karena selama beberapa hari terakhir, dari hasil monitoring, tempat-tempat tersebut menjadi titik sentral berkerumunnya masyarakat, yang dikhawatirkan bisa menjadi klaster baru ditempat tersebut,” jelas AKBP. Rita Wulandari.

Dan bagi masyarakat yang masih membandel, Kapolres Tegal Kota menyampaikan, Polres Tegal Kota akan melakukan upaya untuk mengingatkan dahulu dengan upaya humanis, Ia menambahkan pihaknya sudah membentuk tim yang akan diturunkan, selain tim pengurai massa juga akan ada tim bimbingan penyuluhan dari Polwan Polres Tegal Kota, untuk memberikan secara humanis upaya-upaya menyadarkan masyarakat yang masih tetap bandel, dan jika dari upaya-upaya tersebut masih membandel, Ia menyampaikan akan melakukan tindakan tegas dan terukur.

Sementara itu, Komandan Kodim 0712, Letkot Inf. Sutan Pandapotan Siregar dalam pengecekan di kawasan taman Pancasila menyampaikan, dalam rangka menggelar operasi perbantuan kepada pihak Kepolisian, menjelaskan bahwa Kodim 0712 memiliki dua wilayah, kabupaten Tegal dan kota Tegal, dan pihaknya akan membagi satu satuan setingkat kompi untuk masing-masing daerah.

“Kita siapkan dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) pasukan, dimana satu Kompi tergelar di kabupaten Tegal dan satu Kompi di kota Tegal,” Jelas Komandan Kodim 0712.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *